Asrika

Book Review : Steal Like an Artist

7:43 AM Asrika Vitawati 0 Comments Category :



Austin Kleon adalah penulis yang gemar menggambar. Sedangkan aku adalah perempuan yang senang menulis dan menggambar, walaupun masih amatir. Okay, back to the book. Salah satu bukunya yang best seller adalah "Steal Like an Artist". Dari setiap bab, Austin memaparkan ide dan gagasannya dan juga pendapatnya tentang "Mencuri", eh tapi mencuri yang seperti apa sih?   


Mencuri seperti seniman. Bagaimana cara berpikir seorang seniman? 
Pertama, kamu cari tahu apa yang layak dicuri, lalu melanjutkannya. Hanya itu. Semua bisa diraih, kalau tidak ada yang bisa dicuri hari, curi lah esok hari, atau sebulan lagi, atau mungkin setahun lagi. Seniman yang baik menyadari bahwa tak ada yang muncul tiba-tiba. Semua kreasi berasal dari sesuatu yang pernah ada. Ga ada yang seratus persen asli. Seniman adalah kolektor, bukan penimbun. Tugasmu adalah menghimpun gagasan baru.


Baca sungguh-sungguh, terbukalah, teruslah ingin tahu, cari di google. Jangan bertanya sebelum mencari di google. "Ke sekolah atau tidak, aku akan selalu belajar" - RZA. Simpan hasil curianmu, bawalah buku kemana saja. Untuk memulai tak perlu menunggu, sampai kau temukan jati dirimu. Berkaryalah, kenali dirimu. Mungkin sebagian dari kita takut untuk memulai, tapi itu wajar. "Pura-pura dulu, lalu jadi sungguhan." - Glenn O'Brien.


Tangan manusia tidak mampu meniru dengan sempurna. "Curilah ide dari kami. Gabungkan dengan ciri khasmu. Maka kau akan temukan dirimu sendiri. Begitulah prosesnya. Suatu hari, kelak ada yang mencuri ide darimu." - Francis F. 


Kekurangan manusia yang menyenangkan adalah kita tidak mampu meniru dengan sempurna. Kegagalan kita meniru panutan adalah saatnya menemukan diri sendiri. Begitulah kita berproses. Tulis apa yang kamu suka, bukan apa yang kamu tahu. Kita menghasilkan karya karna kita menyukainya. Kita asyik mengerjakan hal tertentu karena terinspirasi orang-orang yang menekuninya.


Di awal, tidak terkenal itu baik. Nikmatilah ketidakterkenalanmu selagi bisa. Manfaatkan. Langkah pertama, bekerja denga baik. Langkah kedua, berbagi. Ketika kamu berbagi proses pada orang banyak, berarti kamu sedang belajar.


"Jangan takut orang mencuri idemu. Kalau memang bagus, kamu harus mencekokkannya ke mulut orang banyak." - Howard A. Bangun duniamu sendiri. Bersikaplah baik (dunia sempit). Bertemanlah, abaikan musuh. Satu-satunya alasan kita disini adalah : berteman. Kamu membutuhkan : Rasa ingin tahu, Sikap baik, Stamina, dan kesediaan untuk tampak bodoh.


Jaga dirimu, hindari hutang, miliki buku catatan, miliki kalender. Menciptakan karya atau membangun karir adalah akumulasi upaya kecil secara terus menerus. Memilih pasangan adalah keputusan terpentingmu. 'Pasangan yang tepat' bukan hanya teman hidup, tetapi juga rekan bisnis dan sahabat yang akan selalu bersamamu. Kreativitas berarti keterbatasan. Tentukan mana yang dibuang. Berpikir mampu berbuat segalanya sungguh berbahaya. Tenangkan supaya kamu bisa berpikir. Pakai yang ada, mulai dari sekarang. Selamat mencuri!

Continue to the books 2!



RELATED POSTS

0 komentar