Asrika

Bandung Doodling Friendly

1:35 PM Asrika Vitawati 3 Comments Category :


City Branding merupakan strategi dari suatu negara atau daerah untuk membuat positioning yang kuat didalam benak target pasar, city branding akan menjadikan positioning kota secara nasional dan internasional.

Sejak dulu sampai sekarang, Kota Bandung memiliki beragam julukan. Misalnya saja Kota Bandung sebagai Paris Van Java, Kota Kembang, Kota Kuliner, Kota Belanja, Kota Kreatif, Berhiber, kemudian juga julukan Bandung juara, namun julukan-julukan tersebut belum bisa mempresentasikan Kota Bandung secara internal maupun eksternal.

Bandung belum memiliki tagline yang bisa mempresentasikan seluruh stake holder-nya karena terlalu banyak julukan Kota Bandung di Persepsi masyarakat Kota Bandung baik dalam maupun luar Kota Bandung. Kota Bandung belum mempunyai branding yang spesifik dan konsisten. Dengan itu Kota Bandung harus membangun brand image yang dapat dipahami oleh internal (residen) dan eksternal (tourism).

Karakter masyarakat Bandung (sunda) yang dikenal ramah tamah, lingkungan yang bersahabat, dan sebagai suku sunda yang dikenal dengan sopan santun, senang gotong royong dan murah senyum. Kemudian juga Kota Bandung memiliki warga yang bersahabat, akrab dan ramah terhadap orang yang berkunjung, hingga akhirnya Kota Bandung dikenal dengan keramah tamahannya. Maka, Nusae Studio Design believe to say “Friendly Bandung”.

Kota Bandung akan menjadi kota yang bersahabat, kota yang ramah lingkungan. Ketika orang menyebut Bandung, akan identik dengan ramah. Berharap dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat Kota Bandung untuk membuat Kota yang Friendly begitupun orang di luar Bandung tertarik untuk datang karena Bandung Kota yang sangat Friendly. Dengan kata ‘Friendly’ akan membawa Kota Bandung lebih dikenal tidak hanya untuk penduduknya, tapi juga dikenal secara “International”.


Bandung memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi wisatawan dan pribumi.
Bandung is Holiday Friendly.

Berbagai macam kesenian dan kebudayaan terdapat di Kota Bandung.
Bandung is Culture Friendly.

Kota Bandung memilik beragam fasilitas untuk olahraga.
Bandung is Sport Friendly.

Kota Bandung memiliki berbagai jenis makanan yang khas dan terkenal dengan kulinernya.
Bandung is Culinary Friendly.

Kota Bandung memiliki banyak tempat wisata belanja seperti Factory outlet.
Bandung is Shopping Friendly.

Bandung mempunyai banyak taman yang terawat pada saat ini.
Bandung is Eco Friendly.

Setiap weekend Kota Bandung ramai dikunjungi para wisatawan.
Bandung is Tourist Friendly.


Aku sebagai pecinta doodle gak mau kalah juga dalam memberikan sedikit ide kecil. Bandung Doodling Friendly. Sangat berharap nantinya di Bandung akan ada kumpulan dari komunitas para pecinta doodle yang memberikan sumbangsih untuk kota Bandung. Komunitas yang terdiri dari doodler yang berpengalaman nantinya akan membantu membuat doodle di sepanjang blank wall, guna untuk mempercantik kota Bandung. Walaupun ini hanya sebatas ide, siapa tau bisa terealisasi, yea I hope so. 

RELATED POSTS

3 komentar

  1. Kalau sekarang udah ada komunitas doodle di bandung? Mau join dong

    ReplyDelete
  2. Kalau belum ada kita buat aja yu ka!! Hhe..

    ReplyDelete
  3. Kalau belum ada kita buat aja yu ka!! Hhe..

    ReplyDelete