Asrika

No 'Minder' !

10:37 AM Asrika Vitawati 0 Comments Category :

Siapa yang ga minder ketika seseorang ngerasa punya kekurangan? Wajar bukan? Yaaa memang wajar awalnya. Tapi ga seterusnya!

Sebelumnya aku ceritakan dulu saat aku menulis ini, aku masih mengenakan piyama dan belum sarapan. Inspirasi datangnya ga tentu, lagi lapar tapi tiba-tiba aja ketok-ketok pintu di otak. Well, I wanna tell you one of my negative side ! 


"Aku takut aja kalau ..... "
"Ga mau ah, ga berani kalau harus ...."
"Malu nih, ...."
"Saya ngerasa karya saya ini jelek deh."

dan kalimat-kalimat lain seperti di atas adalah salah satu kalimat yang secara ga sadar sering banget aku ucapin. Khawatir adalah salah satu penyebab utamanya. Aku yakin, kalianpun pernah merasakan hal ini. Ketidak percayaan diri ini sering muncul ketika aku melihat sosok orang-orang yang jauh lebih hebat, lebih berpotensi, dan lebih kaya akan pengetahuan. Ngerasa takut salah udah sering aku alami setiap kali aku berkarya, melakukan tugas, kegiatan atau aktivitas. Hantu negatif datang dengan menyamar sebagai sosok 'Penakut' yang akhirnya merasuki tubuh. Jadilah sebuah ketakutan sampai akhirnya muncul kalimat-kalimat di atas tadi.



Tadi malam aku pulang larut. Kira-kira pukul 00.30 aku baru sampai rumah. Memang tidak baik pulang larut malam apalagi anak perempuan sepertiku. Tapi, aku mendapatkan segumpal energi positif. Aku bercerita dengan seorang pria, badannya tidak terlalu besar, saat ini rambutnya baru tumbuh sedikit. Pria yang menurutku sangat memperhatikan orang disekitarnya ini mendengarkan aku bercerita agak panjang lebar mengenai aku beberapa minggu ini, ehhh salah beberapa bulan ini maksudku. Dari caraku bercerita, dari cerita yang aku ceritakan, sepertinya ia sudah tau dan bisa menebak masalah yang ada di dalam diriku. Tidak banyak ia bicara. Dia tau kalau aku MINDER. Padahal aku tidak merasa seperti itu loh. Sejenak aku pikir ulang. Selama ini aku membentengi hal yang abstrak, ah untuk yang satu ini aku tidak mau menceritakannya. Karena memang rumit. Selama ini aku ngerasa tidak yakin dengan diriku sendiri. Tapi itu benar! Pria yang memiliki dua anak ini memberikanku sedikit gurauan dan selebihnya nasihat dan cerita-cerita inspiratif tentang apa yang dia ataupun temannya alami.

"Aku takut, takut orang lain ga suka...", begitu aku lontarkan kalimat ini, pria itu hanya menyernyit. Sebelumnya aku terlalu girang karena ada hal yang udah lama banget ga terjadi. Hal itu membuat aku tersadar, kalau masih ada hal yang tidak perlu ditakutkan.

Inti dari cerita aku dengan pria yang merupakan salah satu dosen di kampusku itu adalah terlalu banyak ketakutan, ketidakpercayaan diri, dan segala jenis hantu negatif berseliweran di kepala.

"Jangan ke ge-er an dulu, tapi juga jangan minder!" , itu yang masih aku ingat pagi ini. Ini bisa kamu kaitkan dengan segala macam hal. Mau tentang kerjaan, tugas, sampai pacar sekalipun.


Ngerasa diri tidak lebih baik dari orang lain, ngerasa diri tidak lebih cantik dari orang lain, ngerasa diri tidak lebih berpotensi dari orang lain, semua itu udah pernah 'numpang' istirahat di otakku. Sekarang, aku bosan kalau harus terus-terusan ada hantu negatif itu berkeliaran di otak. Ruang di otakku jadi berantakan. Cape juga bersihinnya.

Tapi kamu pasti bisa ga minder ! (Itu yang selalu aku coba sampai sekarang) Caranya gimana supaya ga minder? Here are the tips for you  :

1. Pertama coba kamu tulis di kertas selembar aja : "Rasanya aku yakin bisa dan tidak takut salah, aku punya potensi dan kelebihan."
2. Kemudian kamu buat kertas selembar itu menjadi pesawat-pesawatan.
3. Sekarang kamu siap-siap terbangkan.
4. Sambil bersiap menerbangkan kapal kertas kamu itu, katakan "Aku juga bisa !"
2. Saat menerbangkannya, coba kamu teriakan "Aku ga minder, aku ga takut salah lagi, aku percaya diri, aku sanggup, aku juga hebat sama seperti kebanyakan orang, aku punya potensi dan semangat menghadapi tantangan, aku keren dan aku kece!" (hehehe)

Terserah kamu mau ikutin tips aku tadi apa ngga. Yang penting sih sekarang aku udah ga minder lagi. Cape soalnya minder terus. Jalani aja hidup ini, jawab semua tantangan, hadapi semua masalah. Belajar menjadi lebih baik lagi, cari potensi diri, kembangkan pengetahuan, mulai berbagi dan terbuka. Terakhir jangan lupa senyum.

"Se minder-minder nya kamu, cobalah untuk tidak minder, 
tapi juga jangan ke ge-er an!" - Asrika V

RELATED POSTS

0 komentar