Asrika

Kreativitas itu "Dipraktekin"

11:27 PM Asrika Vitawati 0 Comments Category :

I tried to listen the book.

crea-a-tiv-i-ty/noun 
the use of imagination or original ideas to create something; inventiveness

Itulah tulisan di halaman pertama kalau kamu punya buku ini. Untuk menjadi kreatif itu mudah dan bisa dipelajari, bukan dengan seminar, workshop, belajar di kampus dan segala macam pendidikan formal yang ada di Indonesia, tapi cukup dengan "Dipraktekin".

Halaman yang full colour dan juga gaya bahasanya yang menurutku lebih mudah dipahami ini emang bikin enak untuk dibaca. Kita diajak untuk berpikir 'OUT OF THE BOX', mengesampingkan "jawaban-jawaban yang lumrah", demi hasil yang tak terbayangkan besarnya! Kreativitas bukan cuma beda, tapi kreatif juga punya tujuan yang jelas : improvement! 

Untuk menjadi kreatif, Tim Wesfix sebagai penulis buku ini ngasih tau untuk menjadi anak-anak lagi. Kenapa? Katanya sih ketika kita masih menjadi anak-anak, kita tidak pernah takut mencoba apapun itu, kita ga pernah peduli salah atau benar. Nah disitulah proses kreatif berlangsung, dengan kembali menjadi anak-anak, kamu bisa menghidupkan kembali kreativitas di jiwa anda.


Mendesain Kebiasaan untuk Kreatif
Kreativitas perlu di desain. Melalui pembiasaan, kita bisa menjadi lebih kreatif lagi. Your Habit of Creativity :
1. Questioning (Tanyakan selalu apa yang perlu diperbaiki/dikembangkan)
2. Exploring (Informasi apa yang perlu Anda cari berkaitan dengan itu?)
3. Crafting (Simpulkan problem yang ingin Anda tangani secara simpel)
4. Playing (Bermainlah dengan ide-ide kreatif dalam mencari solusi)
5. Cutting (Ide mana yang perlu dipotong, mana yang jadi fokus)
6. Planning (Rancang langkah-langkah praktis atas ide Anda)
7. Sharing (Bagikan ide tersebut, supaya Anda memperoleh feedback)
8. Doing (Lakukan ide tersebut...)




Menurutku, buku ini cocok buat kalian yang ngerasa kurang kreatif. Karena Tim Wesfix membantu untuk menunjukan kreativitas kalian step by step tentunya.

Motivasi diri sendiri juga salah satu langkah untuk menumbuhkan kreativitas. Caranya dengan 'Temukan Permasalahanmu!". Kreativitas berbanding lurus dengan produktivitas. Oleh karena itu, hambatan orang untuk kreatif seringkali datang ketika orang tidak menemukan alasan untuk berjuang keras. Intinya, Anda perlu mencari masalah!

Tim Wesfix menulis dengan cara yang menurutku sangat easy to understand, dengan memaparkan poin-poin yang jelas dari setiap sub judul. Kembali mengenai kreativitas, menurut Tim Wesfix, untuk memotivasi diri kamu berpikir kreatif nih, kamu pun perlu membangun sikap positif. Maka cobalah untuk menyingkirkan penghalang-penghalang yang sering ditemui berikut ini :

  • Keengganan untuk bertanya.
  • Keengganan untuk mencatat ide-ide.
  • Keengganan untuk membaca-baca lagi ide yang pernah ditulis.
  • Gagal mengekspresikan ide.
  • Keengganan berpikir dengan cara baru.
  • Keengganan untuk memimpikan yang lebih.
  • Cobalah untuk mengusahakan diri sekreatif mungkin.
  • Gagal untuk tetap konsisten mencoba.
  • Tidak bisa menoleransi kreativitas.
Ga cuma menyingkirkan penghalang tersebut, tapi juga List Your Fun Identity. Identitas orang kreatif adalah identitas orang yang menyenangkan dan ceria. Carilah sisi-sisi tersebut. 


Make a Creative Day
Untuk "memanen" ide-ide kamu, beranikanlah untuk meluangkan satu hari dalam seminggu, di mana kamu melakukan hal-hal yang kreatif semau kamu. Tak ada interupsi, tak ada halangan.

"Everybody is kind of fountain of ideas. We have 100 billions of neurons in our brain!" - James Burke

Setiap pergantian Bab, buku ini selalu menyajikan quotes yang bisa membangkitkan dan memotivasi diri kita. Yaa ada selingan kalau di TV sih ada iklan sedikit. 


Connecting the Dots
Membuat asosiasi merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Manusia merupakan makhluk yang unik, sebab merupakan satu-satunya yang memahami simbol, dan bermain-main dengannya. Caranya sederhana, misal dengan memilih satu kata, kemudian kalian coba hubungkan dengan kata lain yang paling sedikit "sambungannya". Misal kata pertama 'Kamera', kemudian coba sambungkan dengan kata 'Kram'. Dari 2 kata tersebut coba transformasikan, carilah sebisa mungkin apa yang bisa menghubungkannya.

"Creativity is about making a lot of quick connections about the things you know, the things you've seen." - Jerry Della Femina

Membuat oksimoron juga bis amembantu mengembangkan kreativitas kamu. Oksimoron berarti 1 kata baru dari 2 kata yang berlawanan.

Kelebihan buku ini adalah kamu bisa membaca boleh tidak berurut, suka-suka kamu mau baca dari halaman berapa. Unik bukan ?


Express your Uniqueness
Jangan ragu menerima hal baru. Jangan pernah ragu menerima hal baru inilah yang dasar dari creative behaviour. Inovasi-inovasi mungkin tampak keren ketika sudah jadi. Tapi, ketika masih ide, mungkin saja ditolak-tolak.

Di buku ini juga, membahas kisah dari orang-orang yang melakukan kreativitas. Kreativitas itu hampir pasti dibilang gila, hmmm tapi ingat, tidak semua yang dibilang gila adalah kreatif. Kamu perlu mengingat bahwa kreatif adalah menemukan terobosan yang mengemban nilai-nilai baru, yang biasanya mengandung nilai efisiensi. 

Jangan meninggalkan ide yang terkesan susah. Kamu tidak boleh meninggalkan begitu aja ide-ide kamu. Aku setuju nih dengan pernyataan barusan. Walaupun terkesan ide tersebut susah untuk dilaksanakan, yakin saja suatu saat nanti entah kapan, ide susah tersebut bisa menjadi mudah. Yang kamu perlu lakukan adalah 'menuliskan idemu'. Bayangkan aja ide yang susah tersebut sebagai anak kamu, sayang kalau ditelantarkan.

Pikirkan hal yang bodoh. Kalau perlu, kamu pun tidak dilarang untuk berpikir tentang hal yang paling bodoh sekalipun. Inovasi yang terdengar bodoh di zaman ini, terdengar infantil, barangkali memang bisa jadi kenyataan. Sekarang coba sediakan 1 jurnal. Tulislah ide-ide sebodoh mungkin. Tidak perlu malu. Ini merupkan cara terhebat untuk memanjakan imajinasi kamu. Hihihi aku juga udah coba loh, cobain deh, seru !

Make Comments. Untuk melatih kreativitas, saat ini, kamu pun bisa melakukannya dengan "berlatih" memberi komentar yang out of the box. Sarannya adalah berbagai macam kanal sosial media yang seabrek itu. Ketika temen kamu memberikan update status baik itu di Facebook, Twitter, Line, Path, jadiin itu ajang berlatih mengasah kreativitas kamu. Bagus juga kan, itung-itung menghibur.


"Say No" Day. Untuk membuat kreativitas kamu semakin tergelitik, kamu perlu juga mengadakan "Say No" day, yang intinya adalah ahri dimana kamu menolak kebaisaan rutinitas kamu. Misal nih, cobain sikat gigi dengan tangan kiri, atau coba membuka baju dengan satu tangan, cobain deh, menurut buku ini sih, itu adalah cara ekonomis untuk menangkal kepikunan dini.

Make your obituary. Obituary merupakan karangan tentang kematian seseorang. Dalam orbituarym biasanya orang akan menjelaskan riwayat hidup, sekaligus apa yang mengesankan tentang orang tersebut. Selain melatih imajinasi kamu, membuat orbituary menjadikan kamu lebih kenal dengan diri kamu sendiri. Kamu jadi tau apa yang kamu inginkan. Selain itu juga, anda bebas berimajinasi, seluas-luasnya tentang hidup kamu. Jangn lupa wujudkan sebelum ajal menjemput! Hhihihi



Steal The Idea
Melihat sinopsis buku, and make your own premises. Kata Pablo Picaso, art is theft! Mungkin ada benarnya. Seni atau kreativitas pads dasarnya adalah modifikasi atau diviasi dari karya yang sudah pernah pernah ada. Nothing new under the sun.

Jadi ya ga ada salahnya ketika ingin mencari ide untuk suatu karya kamu bisa berjalan-jalan atau surfing di Amazon. 

Profiling. Dalam kreativitas, kamu tentu sadar bahwa ide ada di sekitar kita. Ya, inspirasi ada, dan begitu mudah kita dapatkan. Salah satunya dengan mengamati. Perilaku orang-orang disekitar kita dapat memberi kita inspirasi. Lebih dari itu, kita jadi tahu bagaimana setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda. Menyenangkan!

"You don't have to be creative to be creative." - Paul Arden

Perhatikan detail. Ini merupakan bentuk sikap attentive. Sikap menaruh perhatian terhadap apa saja. Sikap ini juga berarti seperti sikap seorang anak yang "mencatat" hal yang dilihatnya pada pertama kali. Dari detail yang kamu lihat dan cermati itu, kamu dapat 'mencuri' inspirasi. Pencuri yang baik adalah dia yang mengamati dengan cermat. Ia tidak sekedar mengcopy, ia juga menangkap spirit penciptanya.

Collect everything. Ide datang dari mana saja. Untuk mengejar kemungkinan datangnya ide, kamu bisa mengoleksi sesuatu. Kamu bisa mulai dengan mengoleksi hal-hal yang standar, hingga yang unik.

Copy the story. Kreativitas kamu juga bisa dirangsang dengan membuat plot ala kamu. Kalau kata buku ini sih, ciptakan karya dengan versi sendiri ketika sudah mengcopy ceritanya.

Imitation is Okay. Salvador Dali pernah berkata gini : "Those who do not want to imitate anything, produce nothing." Bener banger! Dalam kreativitas, hal ini pun berlaku. Dalam proses imitate itu, yang terjadi di liar dugaan kits. Pada proses itu, kamu bukan sekedar meniru, tapi juga mengenali di mana sisi bagusnya suatu karya.

Explore the Internet. Zaman sekarang, sangat tabu untuk bertanya. Ya gimana ngga, sekarang setiap ada pertanyaan pasti bisa ditanyain ke Om Google. Informasi apapun bisa ditemukan, asal ada kemauan.


Deepen and Modify Your Hobby
Susun Playlistmu, Musik bisa menjadi pendukungmu ketika mencari ide atau inspirasi. Kreativitas terdapat pada jiwa yang segar. Musik merupakan cara yang paling ampuh untuk menyegarkan jiwa.

Decorate your Room. Untuk menunjang mood atau sekedar untuk mengubah keadaan hati, kadang-kadang mengubah susunan barang-barang di kamar dapat membantu. Setelah diubah, pikiran menjadi lebih fresh. Aku udah nyoba ini, dan yaaa it's works !

Travel Anywhere. Ini yang menurutku asik di buku Kreativitas itu 'Dipraketkin', karena perbanyak pergi dan perbanyak kesempatan untuk menjumpai hal-hal baru itu mendapatkan sensai yang berbeda. Ketika datang ke tempat yang benar-benar lain dari rutinitas kita. Jadi inget waktu aku pergi sendirian ke Kampung Inggris, Pare, Kediri di Jawa Timur sana. Banyak hal baru dan pengalaman yang baru.

"Creativity is knowing how to hide your sources" - Einsten



Deal With Creative Block
It is not about productivity, it is about living purposefully. 

Never afraid of first draft. Hemmingway selalu mengatakan bahwa "First draft is shit". Itu artinya draft pertama memang pada dasarnya jelek dan perlu diperbaharui. Semakin kamu mengetahui betapa jelaknya DRAFT PERTAMA kamu, semakin besar janji akan pengembangan yang tentu lebih baik!

Nakal-lah. Keberanian untuk melakukan beberapa hal yang menyimpang  kiranya sangat diperlukan dalam pengolahan kreativitas. Dan ini aku lakuin. Nakal disini bukan berarti negatif. Tetapi berani melakukan eksperimen-eksperimen.


Don't Look Back
Jangan pernah takut gagal. Sebuah ide memang menunggu untuk dieksekusi. Sebuah kreativitas berujung pada eksekusi yang cantik sehingga mendatangkan produktivitas. Walaupun begitu, jangan pernah merasa takut gagal. Ketika suatu ide gagal pada eksekusinya, itu merupakan tawaran untuk menjadi lebih kreatif lagi.

Bersosialisasilah, persetan dengan musuh-musuh. Kreativitas adalah juga tentang connecting with your partner, with everyone you want to work with. Dan, untuk itu, kamu harus berani untuk mendekati mereka demi ide-ide kamu. Kamu tidak perlu merasa takut pada musuh-musuh. Musuh-musuh dalam dunia ide dan produktivitas hanya bisa dilawan dengan ide dan produktivitas itu sendiri.

Jangan takut ditiru, dalam dunia kreatif, persaingan terbuka lebar, dan yang benar-benar kreatiflah yang akan survive.

"Creativity takes courage" - Matisse


Temui orang yang ingin anda temui. Satu hari, satu inovasi. Mampukah kamu ? Jangan tunggu kesempatan datang. Make it happen. Let's do it! 




XOXO

RELATED POSTS

0 komentar