Asrika

Creative Junkies

11:16 AM Asrika Vitawati 0 Comments Category :

This is my afternoon snack, fruit and book. 


Creative [cre.a.tive] : relating or involving the imagination or original ideas
Junki [junk.ie] : a person with a compulsive habit or obsessive dependency on something


Akhir-akhir ini, aku seneng baca-baca buku yang ngedorong kita untuk kreatif. Setelah kemarin aku posting resume buku "Kreativitas itu di Praktekin", sekarang ada satu buku yang juga ga kalah keren.

Creativity is a Habit, not Genetic
Pasti masih banyak orang yang menganggap dirinya tidak kreatif. Kayanya kreativitas itu merupakan barang langka yang hanya dimiliki oleh mereka yang memang punya bakat. Padahal, sesungguhnya setiap orang bisa menjadi kreatif.

Brain Power
Pada dasarnya, setiap orang dianugerahi dengan kemampuan otak yang luar biasa. Bila kita ingin menjadi kreatif dan inovatif, kita harus mampu menyeimbangkan kemampuan otak kiri dengan otak kanan. Kemampuan logika, analisis, dan matematis harus di dukung dengan daya imajinasi yang kuat. Dengan begitu kreativitas akan muncul.





Why we need to be creative ?
Dalam setiap detik kehidupan, kita selalu dihadapkan pada pembuatan keputusan. Dari mulai bangun pagi sampai tidur di malam hari, kita senantiasa harus membuat pilihan-pilihan. Setiap hari kamu akan selalu membutuhkan kreativitas untuk menyelesaikan pilihan-pilihan tersebut. Tanpa kreativitas, kamu tidak akan mempunyai nilai tambah yang membuat kamu lebih maju. Jadikanlah berpikir kreatif sebagai kebiasaan dalam keseharian kamu. Lakukan kreativitas dari hal-hal terkecil, karena itu merupakan proses menuju kreativitas yang lebih tinggi untuk melahirkan karya-karya yang lebih besar di masa depan.


Creativity that sells!
Sebagus apapun kreativitas kamu, bila karya anda tidak bisa dijual, maka hasilnya akan percuma. Sebab saah satu indikator kesuksesan sebuah karya adalah berhasilnya karya tersebut 'dijual' pada masyarakat. Kalau karya kita bisa dijual itu berarti bahwa orang lain menghargai karya kita sebagai hasil sebuah kreativitas. Meskipun tidak selalu bertujuan untuk mendapatkan uang, namun bila karya kreatif kita dikenal masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan mereka, maka uang pun akan mengikuti dengan sendirinya.


"Creativity is the sudden cessation of stupidity." - Edwin Land


Stay your creative habit
Kalau orang lain bisa kreatif, kenapa kita tidak? Caranya, mulailah dengan creative habit. Membiasakan diri untuk kreatif dalam setiap hal. Selalu thinking out of the box, berpikir di luar kebiasaan. Sebagai orang yang kreatif, kamu harus berbeda dengan orang lain. Tetapi perbedaan tersebut harus disertai alasan yang tepat. Don't just be different. Be different by reason.

Break your routine
Untuk menjadi kreatif, lakukan sesuatu yang baru. Caranya mudah kok. Misalnya ketika kamu akan pergi ke kampus, gunakan jalan yang berbeda dari biasanya. Ketika kamu makan, carilah tempat makan yang bervariasi.

Normal is not good
Jangan takut dianggap 'tidak normal', sebab normal itu tidak selamanya baik. Jangan takut berbeda. Sebab perbedaan itulah yang menjadikan kita lebih dibicarakan dibanding orang lain.



Knowledge Makes You Powerful
Kreativitas merupakan suatu kemampuan atau skill yang bisa dimiliki oleh siapa saja melalui kebaisaan dan latihan. Nah, pengetahuan (Knowledge) adalah salah satu hal terpenting yang wajib dimiliki oleh siapa pun yang ingin membiasakan diri untuk kreatif.Orang kreatif selalu belajar dan menambah pengetahuanny, baik yang diperoleh dari berbagai media maupun kejadian yang ia temui setiap saat.  Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah pengetahuan yang akan menunjang kreativitas, diantaranya adalah :

  • Reading Books
  • Seminar
  • Watch Movie
  • Gaming
  • Notes
  • Listen Music
  • Slideshare
  • TED
  • Twitter
  • Online Reading
  • Coffee
Tanpa aku jelasin, pasti kamu udah ngerti maksudnya gimana. Kalau pun emang pengen tau lebih lanjut, kamu bisa baca bukunya. 


Avoid MeTooIsm
Bila ingin menjadi kreatif, hal yang mutlak harus dihindari adalah me-tooism. Menurut definisi dari www.dictionary.com, me-tooism dapat diartikan sebagai berikut :
  1. Kebijakan-kebijakan, metode-metode, produk-produk, dsb. yang diadopsi secara sama atau identik dengan sebuah grup, pesaing atau kompetitor.
  2. Upaya membuat sebuah produk, menawarkan jasa, dsb. yang bersifat menduplikasi sesuatu yang sudah ada/mapan.
Jelas sudah bahwa apabila kita membuat sesuatu atau melakukan sesuatu dengan meniru orang lain secara persis, berarti kita sudah terjebak dalam me-tooism. Kita tidak akan pernah sukses apabila mengadopsi cara-cara orang lain secara persis tanpa melalui pemikiran matang, tanpa melalui beragam penyesuaian. Kenapa? Karena di dunia maya, mereka yang ikut-ikutan biasanya akan tenggelam, atau minimal tidak meraih kesuksesan yang sama dengan para pencontohnya. Follower yang copycat takkan pernah mampu menyamai leader, apalagi mengunggulinya.


Practice Makes Perfect
Kreativitas sebaiknya dilakukan dari hal terkecil, sesuai kapasitas yang kita miliki. "Every big step starts with an inch.". Kadang orang ingin cepat-cepat membikin sesuatu yang besar. Padahal menurut Yoris, segala sesuatu juga ada prosesnya. Setiap ide adalah harta yang berharga, jangan pernah mematikan ide-ide anda sendiri, "Do not kill ideas", karena ide adalah sumber dari kreativitas. 



Create Your Creative Habitat
Kita harus mencoba bergabung dengan orang-orang kreatif yang lain sehingga kreativitas kita akan terpacu. Bentuk sebuah tim kreatif, tim kreatif tidak boleh takut gagal. Mereka harus berani mengeksplorasi pengetahuan dan pengalaman mereka untuk mencari kesempatan dalam memunculkan ide-ide baru dan kreativitas baru.


Thinking Out of the Box - Execute Inside the Box
Ketika kita terlibat dalam suatu masalah pelik, kita jangan cuma duduk diam dengan masalah. Kita harus keluar dan melihat masalah secara keseluruhan. Dengan begitu, kita bisa menentukan solusi terbaik bagi penyelesaian masalah tersebut. Seperti kata pepatah, "Innovate or die". Kita harus kreatif dan bisa melaksanakan suatu program atau ide kreatif ketika dihadapkan pada berbagai keterbatasan.


Creativity is a Problem Solver
Dengan berpikir kreatif, setidaknya kita bisa memecahkan beragam masalah yang ada disekeliling kita. Sebab menjadi problem solver adalah tujuan akhir dari berpikir kreatif.  Jadi banyak orang yang bingung bagaimana sih caranya jadi orang kreatif? Sebenarnya simple aja. jadilah problem solver.


Calculated Risk Culture
Sebagai orang yang kreatif, kita tetap harus memperhitungkan risiko dari pekerjaan atau proyek yang akan kita laksanakan. Untuk menghindari kesalahan fatal, Yoris punya rumus 70:20:10 sehingga 70 persen selalu dia gunakan secara aman. 20 persen untuk sesuatu yang inovatif namun risiko kecil dan sisanya 10 persen barulah dia lakukan sesuatu yang sangat inovatif namun risiko besar.

RELATED POSTS

0 komentar