Asrika

My Task, My Present ! (Adobe Photoshop feat. Corel Draw)

11:09 PM Asrika Vitawati 0 Comments Category :

Digital Imaging adalah salah satu mata kuliah saya di Semester 3 jurusan periklanan FIKOM UNPAD. Kebetulan dosennya Bapak Syauqi, beliau mengajarkan Adobe Photoshop dan juga Corel Draw. Di akhir penghujung pastinya ada namanya ujian, nah Ujian Akhir Semester yang biasa kita singkat UAS ini beliau menugaskan untuk UAS Take Home, jadi praktek dirumah dan waktunya UAS kita tinggal kumpul tugas. Suruhannya sih bikin iklan gitu, penggabungan Adobe Photoshop dan Corel Draw. Nanti setelah pengumpulan ada presentasi, itung-itung share, saya juga sambil latihan.

Sebelumnya saya ingin membuat sebuah iklan dari komunitas, komunitasnya saya beri nama YEC (Young Entrepreneurs Community). Ceritanya saya ingin mempromosikan bahwa sudah saatnya kita menjadi boss. Membuat bisnis sendiri dan kitalah ownernya. Iklan ini ingin menyampaikan kalau sekarang kita udah harus membuat perubahan ga harus bekerja di kantor dan kita jadi pegawainya, tapi kitalah boss nya atau pemilik perusahaannya dan kita memperkerjakan orang.

Konsepnya sederhana, saya hanya membuat dengan gambar pria dan wanita seumuran mahasiswa dalam bentuk vektor. Lalu diberi tulisan dengan bahasa Inggris "You've gotta make a change to be the boss." yang artinya Kau harus membuat perubahan untuk menjadi bos. Dibawahnya ada juga tulisan "Use your passion to starting your own business" yang artinya Gunakan gairah Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri. 

Let's try :
1. Buka Software Corel Draw dengan pilihan Start - All Program - CorelDRAW Graphics Suite X4 (untuk pengguna X4).

2. Lalu akan muncul  pilihan "Quick Start", kita pilih yang 'New Blank document'.

3. Kemudian pastikan bahwa kertas yang digunakan adalah ukuran A3.

4. Buat kotak dengan menggunakan 'Rectangle Tool' pada Tool Box. Agar ukurannya sesuai dengan kertas, maka double klik 'Rectangle Tool' tersebut. 

5. Pertama, saya akan memasukan background yang saya pilih, jika kalian belum ada bisa save background dibawah ini. Jika sudah, masukan background ke corel bisa di drag atau dengan File - Export - Pilih gambar

6. Lalu karena ukurannya tidak sesuai, saya 'Powerclip' / dimasukan ke dalam kotak. Sebelumnya pastikan bahwa ukuran gambar background tadi lebih besar dari kotaknya. Caranya klik gambarnya, lalu pilih Effect- Powerclip - Place Inside Container.

7. Setelah itu kita buat gambar vektor dari fotonya. Pertama saya akan buat vektor perempuannya, sebenarnya saya gunakan foto saya yang menggunakan blazer, biar nanti setelah di vektorkan, kalau kalian ingin menggunakan foto kalian sendiri bisa.

8. Lalu anda bisa tracing secara manual atau otomatis dengan menggunakan perintah yang ada di Corel Draw. Saya lebih suka menggunakan secara manual. Dengan menggunakan 'Freehand Tool' pada 'Tool Box'. Cara tracing nya dengan membuat bentuk bentuk dan mewarnainya setiap bentuk tersebut, semakin banyak bentuknya semakin detail dan itu artinya semakin bagus. Untuk sat ini saya belum bisa ngasih cara secara detailnya. 


Tips : Supaya bisa melengkung pada bagian bawah saya gunakan bebarapa cara, pertama, bikin ouval dengan menggunakan 'Ellipse Tool'. 

Buat dua ouval dan klik kedua ouval terebut, lalu pilih 'Trim'

Klik object bawah dan atas lalu pada Propertis Bar pilih 'Trim'


9. Setelah itu lakukan juga untuk gambar prianya. Dengan cara yang sama. Untuk kepalanya saya gunakan foto Afgan, dan badannya saya gunakan foto ayah saya (hehe), kalau kalian ingin mendapatkan foto Agannya, bisa langsung googling aja ya ;)  Jika sudah gabungkan keduanya. 

10. Setelah terdapat dua buah gambar vektor, lalu powerclip lalu atau masukan ke dalam kotak, cara nya sama seperti sebelumnya. Caranya klik gambarnya, lalu pilih Effect- Powerclip - Place Inside Container. Atur posisi sesuai keinginan, setelah dimasukan ke kotak, kamu bisa edit untuk peletakan posisi, caranya : Tekan Object yang ada kotaknya tersebut, tekan Ctrl, lalu klik kotaknya. nah kalau udah di sesuaikan, klk 'Finish Editing Object' di pojok kiri bawah.

11. Lalu buat headlinenya yatu : "You've gotta make a change to be the boss" pada tulisan  'YOU'VE GOTTA MAKE A .......... TO BE THE.........' jenisnya Pointy dan pada tulisan '.............CHANGE.............BOSS' jenisnya Dora, kalo ga ada coba googling aja ya ;) 

12. Buat lagi sub headline : "Use your passion to starting your own business" dengan jenis tulisan Designer Notes. Kalau ga ada lagi lagi Googling aja ya ;) 

13. Untuk membuat garis yang ada di sebelah tulisan 'to be the' dan  "Use your passion to starting your own business" , gunakan saja 'Freehand Tool' pada Tool Box. 

14. Langkah selanjutnya membuat banner, nah saya gunakan dua bentuk, caranya gunakan 'Freehand Tool' pada Tool Box, lalu buat sesuai bentuk banner. Jangan lupa beri warna.

15. Membuat tulisan di dalam banner, saya gunakan perintah 'Text Tool' pada Tool Box. Lalu arahkan saja di dalam banner. Tulisan : 'Go to www.yec.com to learn how we can make your business plan a reality' dengan jenis tulisan .

16. Langkah berikutnya saya akan membuat banner tersebut berbayang (shadow) caranya dengan pilih dulu objek yang akan diberi Shadow. Pada Tool Box, pilih 'Interactive Drop Shadow Tool'. Lalu arahkan dan geser pada banner seperti gambar di bawah ini.

17. Jika sudah selesai, lakukan lagi langkah 14-16 untuk membuat objek berikutnya. Sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.

18. Langkah selanjutnya adalah membuat logo YEC, pertama buat tulisan 'ec' dengan jenis tulisan BlackJack. Untuk bentk 'Y' gunakan freehand tool. Dan tambahkan shadow, cara seperti pada langkah 16.

19. Membuat tulisan di bawah logo 'Young Entrepreneurs Community' dengan jenis tulisan Bell Gothic Std Light. Dan saya akan menambahkan bentuk di atas objek bentuk 'Y'. Seperti gambar dibawah ini:

20. Setelah itu supaya terkesan berada di sebuah gedung dari komunitas ini, saya tambahkan gedung, namun sebelumnya saya edit dulu di Adobe Photoshop.

21. Buka Adobe Photoshop. Start - All Program - Adobe Master Collection CS4 - Pilih Adobe Photoshop CS4 (Saya gunakan versi CS4). 

22. Setelah itu drag foto bangunan yang akan digunakan, saya gunakan foto dibawah ini, bisa di save bila anda menggunakan foto ini :

23. Setelah itu saya akan menduplicate terlebih dahulu fotonya dengan cara pilih foto yang akan di duplicate pada layer, lalu klik kanan dan pilih 'Duplicate Layer'. Akan muncul dialog box, pilh saja 'OK'.

24. Setelah itu atur levelnya terlebih dahulu, 'Level' ini fungsinya mirip dengan 'Brightness and Contrast', untuk mengatur kecerahan gambar, namun lebih fleksibel karena warna dapat diatur warna gelap, warna menengah, dan warna terang. Caranya : Pada Menu Bar pilih Images - Adjustment - Level. Atau bisa juga Ctrl + L. Lalu akan muncul dialog box,pada pilihan 'Input Level' saya atur, jika sudah tekan 'OK'.

25. Langkah selanjutnya adalah memotong awan pada gambar, pada Tool Box pilih 'Pen Tol', lalu saya akan membuat path dengan bentuk garis lalu hubungkan dari ujung satu sampai bertemu dengan ujung yang akhir. 

Lalu Di dalam path tersebut klik kanan - pilih 'Make Selection' pada pilihan 'Feather Radius' ketik 0 pixel, pilih 'OK'. Lalu tekan Delete pada keyboard. Jangan lupa, mata pada layer pada Background yang ada di layer tersebut di hilangkan, lalu untuk menghilangkan seleksi, tekan Ctrl+D.


26. Langkah selanjutnya yaitu membuat foto lebih transparan, caranya adalah dengan menggunakan pilihan 'Opacity' pada layer pilih 62% dan 'Fill' 81%.

27. Setelah itu pilih Menu File pada menu bar, pilih 'Save As' pilih format PNG tekan save.

28. Setelah kita dapatkan file PNG gedung, masuk lagi ke Corel Draw yang tadi sudah kita buat. Pilih File pada Menu Bar, pilih Import, lalu pilih gambar PNG tadi. 

Klik objek yang ada di bawahnya gambar gedung tadi, lalu shift dan pilih ojek lainnya, untuk memindahkan posisi menjadi di atasnya, pilih Pg Dn pada keyboard. Sehingga menjadi seperti pada gambar :

29. Jika sudah, semua objek sudah berada di dalam Powerclip kotak, lalu tekan 'Finish Editing Object'.

Dan akhirnya kamu BERHASIL ;) SELAMAT !



Makna Dari Sisi warna, huruf dan lain lain :
Pada dasarnya terdapat warna biru, biru ini menggambarkan rasa tenang, berwibawa, percaya diri, kesetiaan dan kesuksesan. Warna biru ini sangat baik untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.

Warna banner pink keunguan atau violet mencerminkan kecerdasan. Dan ada warna hijau tosca, melihatkan kebebasan. 

Merah pada logo, menandakan adanya semangat yang membara, memiliki energi dan berpendirian. \

Pada Headline,jenis teks yaitu Sans Serif , kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien. 

Pada tulisan body copy penjelas yang ada di banner, menggunakan model Sans Serif juga, namun untuk tagline menggunakan model Serif.

RELATED POSTS

0 komentar